Pentingnya Penggunaan Konsep Ventilasi Silang pada Desain Rumah

Pentingnya Penggunaan Konsep Ventilasi Silang pada Desain Rumah

Pernahkah Anda mendengar tentang istilah ventilasi silang? Istilah ini merupakan sebuah teknologi yang seringkali digunakan untuk membuat hunian menjadi lebih nyaman. Cross ventilation atau dalam bahasa Indonesianya adalah ventilasi silang merupakan bukaan saluran udara yang jumlahnya ada dua. Lalu mengapa dinamakan silang? Hal ini dikarenakan posisi mereka saling berhadapan satu sama lain di dalam ruangan.

Sumber : Arsitag

Ventilasi ini bisa diletakkan di dinding atau atap, tergantung kebutuhan dan kondisi rumah yang akan direnovasi. Fungsi ventilasi semacam ini adalah untuk memastikan sirkulasi udara di dalam rumah secara terus menerus.  Dengan cara ini, udara kotor atau polusi di dalam ruangan bisa mengikuti angin. Hal ini akan berdampak langsung pada kesehatan seluruh orang yang berada dalam rumah tersebut. Lalu apa pentingnya dan manfaat ventilasi silang? Simak berikut ini.

1. Meminimalisasi Penggunaan Kipas Angin dan AC

Memasang AC mungkin menjadi cara termudah untuk menjaga suhu dan kualitas udara rumah. Namun listrik AC pasti akan memakan energi dan tagihan listrik yang mahal.  Selain itu, jika terkena AC dalam waktu lama, kulit akan menjadi kering. Dengan ventilasi silang, penggunaan AC di kawasan hunian bisa diminimalisasi. Anda bahkan tidak membutuhkannya sama sekali karena ventilasi alami. Angin akan masuk secara alami ke rumah Anda.

Sumber : Furnizing

2. Memudahkan Masuknya Sinar Matahari ke dalam Rumah

Skema ventilasi silang menggunakan jendela bukaan besar juga dapat memungkinkan rumah mendapatkan banyak sinar matahari. Diketahui bahwa sinar matahari langsung memiliki banyak manfaat kesehatan dan psikologis. Sinar matahari alami dapat membantu Anda dan keluarga menjalani hidup yang lebih sehat. Tidak hanya itu, Anda tidak membutuhkan lampu listrik di siang hari, karena bukaannya membuat rumah menjadi sangat terang.

Sumber : Living Loving

3. Meningkatkan Kualitas Udara dalam Rumah

Hal ini bisa terwujud bila ventilasi silang sudah sesuai dengan standar yang ideal. Ukuran ventilasi harus sesuai dengan luas ruangan. Standar Nasional Indonesia atau SNI merekomendasikan penggunaan bukaan, termasuk minimal 20% dari luas lantai ruangan yang memungkinkan cahaya masuk ke dalam rumah. Ventilasi jendela harus menempati setidaknya 5% dari luas ruangan.

Sumber : Living Loving

Ventilasi silang yang baik akan meningkatkan kualitas udara rumah. Ini akan mendukung gaya hidup produktif dan sehat seluruh warga. Selain hemat, kehadiran cross ventilation juga akan mengurangi jumlah bahan kimia di dalam rumah. Ini akan mengurangi kelembapan yang menyebabkan munculnya jamur.

4. Penghematan Biaya

Tanpa di sadari kita memang sudah bergantung pada energi listrik. Padahal, karena sumber energi kita terbatas dan semakin menipis, maka pemerintah menganjurkan kita untuk hemat energi. Dengan menggunakan sistem ventilasi silang ini, Anda tak perlu risau pegeluaran biaya listrik yang melonjak akibat penggunaan AC lampu, dan alat energi listrik lainnya yang berlebihan.

Sumber : Arsitag

Itu dia manfaat dari adanya ventilasi silang dalam rumah. Sekarang Anda sudah tahu apa manfaatnya, bukan? Anda bisa berkonsultasi dengan ahli terlebih dahulu sebelum mengubah dan merenovasi ventilasi Anda yang saat ini. Segeralah berganti ke ventilasi silang karena ia memiliki lebih banyak fungsi dan manfaat dibandingkan ventilasi biasa.

× How can I help you?