Musim Hujan Belum Beranjak, Ini Da Cara Agar Rumah Siap Hadapi Musim Hujan

Musim Hujan Belum Beranjak, Ini Dia Cara Agar Rumah Siap Hadapi Musim Hujan.

Akhir tahun serta awal tahun Negara kita pasti di rundung musim hujan. Di musim inilah bebagai penyakit rumah akan terlihat, yang paling umum yakni atap bocor dan saluran air mampat. Untuk itu,  tidak ada salahnya bagi anda untuk mulai mempersiapkan atau menanggulangi rumahnya agar siap menghadapi musim hujan.

Source : qmarthome

Berikut beberapa area pada rumah anda yang harus diperhatikan ketika menghadapi musim hujan, jangan sepelekan. Yuk simak berikut penjelasannya.

 

1. Atap

Atap adalah yang paling beresiko terkena dampak musim hujan. Sebelumnya sambungan atap yang di tempa matahari pada musim kemarau rentan mengalami retak. Retakan inilah yang menjadi sumber kebocoran saat musim hujan. Gunakan pelapis antibocor untuk mencegah terjadinya kebocoran. Pastikan posisi kemringan genting, rapat atau tidaknya genting serta cek apakah genting masih utuh atau tidak pecah. Karena terkena matahari genting rentan retak dan pecah.

Source : Pinterest

 

2. Dinding Berlumut

Dinding berlumut merupakan penyakit terusan dari masalah atap bocor. Air yang bocor akan mengalir langsung ke dinding, selain atap yang bocor udara lembap musim hujan juga berisiko membuat lumut  bahkan jamur muncul pada dinding. Anda bisa melapisi dinding rumah dengan cat pelapis anti bocor sama seperti atap.

Source : Archify

 

3. Saluran Air.

Sebaiknya secara rutin bersihkan saluran air sekeliling rumah Anda dari dedaunan atau sampah. Ketika musim hujan,  Bila ada kotoran yang menyumbat, air yang tersumbat beresiko meluap. Bila sumbatan cukup parah, area sekitar rumah Anda bisa banjir dan akan menghambat kegiatan sehari-hari.

Source : Pinterest

 

4. Halaman atau Taman Becek.

Merupakan area outdoor yang paling rentan terkena dampak musim hujan. Pastikan ada reservoir untuk menanmpung air ketika hujan lebat. Seperti yang telah di singgung sebelumnya, bila halaman dibangun di atas beton, pastikan saluarn air tidak mampat dan bebas dari endapan. Penuhi area halaman dengan rumput ataupun batu koral agar ketika hujan dapat mengurangi becek.

Source : Arsitek Jogja

 

5. Tempias pada Teras Depan Rumah.

Tempias salah satu masalah pada teras rumah pas musim hujan, selain bocor. Tritisan yang tidak dilengkapi talang hujan merupakan penyebab tempias .Air hujan yang jatuh dari tritisan cukup deras sehingga menjadi tempias mengakibatkan basah area teras. Timbulah licin dan mudah kotor pada teras. Antisipasi dengan memasang kerai pada batas tritisan.

Source : Pinterest 

 

6. Lampu Eksterior.

Perhatikan kabel serta lampu taman, halaman dan teras Anda. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas untuk mencegah korsleting listrik ketika kabel terkena air hujan. Bila ada kabel yang rusak, ganti dengan yang baru. Pastikan kurung lampu terpasang sempurna, jangan sampai ada celah celah sedikitpun yang dapat dimasuki air.

Source : rumah arsitek

Demikian pembahasan mengenai cara agar rumah siap menghadapi musim penghujan, semoga ini dapat membantu anda. Alangkah  lebih baiknya Anda berkonsultasi dengan jasa desain rumah untuk mendapatkan solusi terbaik ketika menghadapi musim hujan. Untuk anda yang ingin mendapatkan informasi mengenai tips dan pembahasan menarik seputar arsitek dan interior silahkan  untuk membuka blog kami di website ini.

Terimakasih semoga bermanfaat.

× How can I help you?