Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Menata Ruang Kantor

Prinsip Tata Ruang Kantor Yang Baik Dan Benar

Membuat tata ruang kantor sebaiknya dilakukan dengan benar bukan asal-asalan karena nantinya akan berdampak buruk untuk kelangsungan kerja para pegawai, bukannya memperbudah dalam bekerja malah mempersulit sehingga kelangsungan bekerja menjadi kurang produktif. Sebelum membahas lebih jauh kami akan mengulas apa itu tata ruang kantor.

Dalam bahasa inggris istilah tata ruang kantor yaitu Office layout atau lebih sering disebut Layout. Menurut Drs. The Liang Gie mengatakan “Tata Ruang adalah penyusunan alat-alat pada letak yang tepat serta pengaturan kerja yang memberikan kepuasan bekerja bagi para karyawannya”. Membuat konsep tata ruang kantor ini memiliki tujuan yaitu

  • Memberikan kemudahan yang optimum bagi arus komunikasi dan arus kerja.
  • Memberikan kondisi kerja yang baik bagi setiap orang.
  • Memudahkan pengawasan sehingga manajer dapat melihat staf yang sedang bekerja.
  • Memberikan kemudahan yang tinggi kepada setiap gerakan karyawan dari meja ke meja.
  • Menghindarkan diri dari kemungkinan saling menganggu antara karyawan dengan karyawan lainnya.
  • Mempergunakan segenap ruangan dengan baik.
  • Memisahkan pekerjaan yang berbunyi keras, gaduh dan menganggu dari pekerjaan yang sunyi.
  • Terciptanya kesan yang baik tentang organisasi tersebut dari relasi dan tamu yang datang.
  • Pelaksanaan pekerjaan dapat menempuh jarak yan terpendek.

Gambar. Ruang Kantor Yang Baik

Setelah membahas tujuan ruang kantor ada prinsip-prinsip lain yang harus anda pahami adalah Aliran kegiatan harus terus bergerak sesuai dengan alurnya, manfaat dari kelancaran kegiatan akan bisa mengurangi  terjadinya kesalah pahaman pegawagai satu dengan yang lainnya. Anda harus memperhatikan arus bolak-balik serta tabrakan kegiatan ataupun jadual. Kantor-kantor yang professional pada umumnya sudah menerapkan prinsip ini.

Setelah itu, tempatkan sedekat mungkin masing-masing pengawai agar menciptakan komunikasi yang baik antara pegawai yang satu dengan lainnya. Kesediaan peralatan penunjang sangatlah penting sepeti printer, (ATK) alat tulis kantor dan peralatan penunjang lainnya.

Kepala/Pimpinan alangkah baikknya memiliki ruangan kerja tersendiri , kenapa harus dibuatkan ruangan tersendiri ? karena  akan dianggap sebagai pusat fokus pemikiran dari semua bidang organisasi. Maka usahakan ruangan -ruangannya dilengkapi pun dengan telepon, serta perangkat benda lain yang bisa menghubungkan informasi mereka dengan pimpinannya.

Standar Ruangan Kantor

Kantor yang baik pada umumnya memiliki standar penerapan ruangan kantor yaitu :

  • Kebersihan, Bangunan, perlengkapan, dan perabotan harus dipelihara bersih
  • Suhu udara, Temperatur yang baik harus dipertahankan dalam ruang kerja minimum 17 C, suhu udara (AC) tergantung banyaknya pegawai dalam satu ruangan.
  • Ventilasi, adanya ventilasi akan membuat udara segar dan bersih.
  • Penerangan Cahaya (lampu), adanya pencahayaan lampu akan membuat penglihatan menjadi baik.
  • Fasilitas kesehatan, Kamar kecil/toilet dan sejenisnya harus disediakan untuk para pegawai dan menjaga kebersihaan.
  • Dapur, memiliki fungsi untuk menyediakan/tempat makan para pegawai.
  • Fasilitas cuci, sebagai tempai untuk proses mencuci.
  • Furniture yang digunakan harus sesuai dengan konsep bisnis yang dijalani.

Pemilihan perlengkapan setiap ruangan

Pemilihan perlengkapan setiap ruangan yang pertama harus anda pahami adalah perlengkapan pokok setiap ruangan dan sesuai dengan fungsi ruangan tersebut. Sebagai contoh ruangan customer service maka sesuai dengan fungsinya adalah  memerlukan kursi tamu yang sesuai dengan bentuk dan ukuran ruangan. Selain itu, harus dilengakapi pewangi, AC ruangan, dan air minum agar tamu merasa betah untuk mengunjungi kantor anda.

Prinsip tata ruang kantor yang harus diperhatikan dan dijadikan pedoman oleh pegawai kantor dalam penataan tata ruang kantor, sehingga tercipta ruangan kantor yang baik, tepat dan efisien dalam melaksanakan seluruh kegiatan pekerjaan perkantoran.

    Leave Your Comment Here