Berencana Bangun Rumah Sehabis Lebaran ? Simak Beberapa Tips Bangun Rumah di Lahan yang Berukuran Minim dari Kami | Beddo Design Concept

Berencana Bangun Rumah Sehabis Lebaran ? Simak Beberapa Tips Bangun Rumah di Lahan yang Berukuran Minim dari Kami

Ada kalanya keinginan membangun sebuah rumah terhalang oleh lahan yang sempit. Terutama rumah di perkotaan dengan harga tanah yang sudah mahal. Maka dari itu, diperlukan tips bangun rumah di lahan yang berukuran minim. Agar tanah yang minim bisa dibangun rumah dengan fungsi yang maksimal.

 

Berbagai Tips Bangun Rumah di Lahan yang Berukuran Minim
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin membangun rumah dengan lahan yang sempit, antara lain :

 

1. Tata Ruangan Lebih Efisien

Karena keterbatasan tanah, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah program membuat ruangan lebih efisien dan fungsional. Misalkan berencana untuk tidak membeli mobil. Jangan memaksa untuk membuat garasi atau carport.
Begitu pula ketika jarang menerima tamu. Jangan memaksa untuk membuat ruangan tamu tersendiri. Labih baik satukan ruang tamu dengan ruang keluarga. Ketika ada tamu, anda bisa menerimanya di ruang keluarga.
Jangan memaksa membuat kamar banyak. Lebih baik kamar sedikit tapi dengan luas yang manusiawi. Untuk memastikan rumah sebagai tempat istirahat tetap memiliki fungsinya dengan kamar yang lapang dan nyaman.

 

2. Gunakan Desain Open Space

Open space adalah konsep ruangan terbuka minim sekat. Biasanya diterapkan untuk ruang tamu, ruang keluarga dan dapur. Hanya ruangan privacy seperti kamar mandi dan kamar tidur saja yang disekat dengan tembok permanen. Sedangkan ruangan lainnya dibiarkan menyatu agar terlihat lega.
Sekalipun diberikan sekat, biasanya hanya partisi tidak permanen. Seperti penggunaan rak buku atau partisi lain yang bisa dengan mudah dibongkar atau dipindahkan.

 

3. Gunakan Split Level

Split lantai atau bangunan setengah lantai bisa jadi cara terbaik menyiasati keterbatasan lahan. Tapi cara ini hanya bisa dilakukan dengan bangunan yang tingginya sekitar 3 meter. Ruang setengah lantai bagian atas biasa digunakan untuk ruang tidur atau ruang kerja.
Selain bisa digunakan untuk ruang tambahan, desain langit-langit yang cukup tinggi bisa memberi kesan lapang dan luas. Desain vertikal ini bisa memaksimalkan ruangan agar rumah lebih fungsional.

 

4. Penggunaan Warna yang Cerah

Tips bangun rumah di lahan yang berukuran minim terakhir adalah dengan menggunakan warna yang cerah. Baik warna cat dinding, warna lantai maupun warna perabot. Warna yang cerah ini akan memberi kesan lega dan lapang.
Kalau perlu, anda juga bisa menambahkan cermin besar pada salah satu dinding. Ini juga akan memberi kesan lapang di ruangan yang sempit. Jika memungkinkan, anda juga bisa menambahkan jendela berukuran besar. Jendela ini akan membantu menyuplai sinar matahari untuk penerangan yang lebih optimal.
Itulah beberapa tips bangun rumah di lahan yang berukuran minim yang siap dilakukan setelah lebaran nanti. Lahan memang sangat penting untuk mendapatkan ruangan yang maksimal. Namun jika memang terkendala kekurangan lahan, beberapa tips di atas bisa sedikit membantu.

× How can I help you?