Mechanical, Electrical dan Plumbing Anda Sudah Mengetahui? Kalau Belum, Mari Simak Serba-serbinya | Beddo Design Concept

Mechanical, Electrical dan Plumbing Anda Sudah Mengetahui? Kalau Belum, Mari Simak Serba-serbinya

Mechanical, Electrical dan Plumbing Anda Sudah Mengetahui? Kalau Belum, Mari Simak Serba-serbinya

Mechanical, electrical, dan plumbing adalah satu kesatuan pekerjaan yang tidak bisa dipisahkan pada sebuah pekerjaan konstruksi gedung. Yang biasa mengerjakannya adalah kontraktor MEP (mechanical, electrical dan plumbing). Lalu apa perbedaan dari ketiga jenis pekerjaan ini? Kita akan bahas satu per satu.

Sumber Gambar : The Spruce

 

Pekerjaan Mechanical

Yang disebut dengan pekerjaan Mechanical adalah pekerjaan yang berhubungan dengan alat-alat mesin yang besar dan berat. Contohnya adalah pemasangan AC central pada mall, eskalator, lift, pompa air, serta pemasangan alat penunjang lainnya.

Sumber Gambar : Pinterest

Pekerjaan Mechanical ini dibagi menjadi dua sistem. Yaitu sistem mekanikal dan sistem HVAC. Sistem mekanikal selalu berhubungan dengan lift, eskalator, atau alat berat dan besar lainnya pada sebuah gedung.

 

Sedangkan sistem HVAC pekerjaan yang berhubungan dengan penyetabilan udara yang ada di dalam gedung. Contohnya adalah pemasangan AC atau exhaust fan. Ini dimaksudkan agar kelembaban dalam area gedung bisa terjaga dan suhu juga lebih stabil.

 

Pekerjaan Electrical.

Pekerjaan yang berhubungan dengan electrical adalah semua sistem instalasi listrik pada sebuah gedung. Ada dua jenis pekerjaan. Yaitu pekerjaan Electrical arus kuat dan pekerjaan Electrical arus lemah.

Sumber Gambar : Google.com

Electrical arus kuat meliputi pekerjaan seperti pemasangan penangkal petir, grounding elektrikal dan elektronik, instalasi armatur lampu penerangan dan saklar. Selain itu, electrical arus kuat juga menangani instalasi listrik tegangan rendah, panel TM dan Transformer, serta panel distribution blox.

 

Sedangkan pekerjaan arus lemah meliputi beberapa instalasi. Seperti instalasi CCTV, instalasi MATV, sistem telepon, sistem data, fire alarm sistem, sistem tata suara dan beberapa sistem lainnya. Semua itu dikerjakan oleh kontraktor mechanical, elektrikal dan plumbing atau yang biasa disebut kontraktor MEP.

 

Pekerjaan Plumbing.

Merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan perpipaan dan saluran air. Seperti pipa saluran air hujan, pipa air bersih, pipa air kotor, pipa ventilasi, pipa air panas dan pipa air dingin. Pipa yang umumnya digunakan adalah pipa galvanis, pipa PVC dan pipa PPR. Semua disesuaikan dengan fungsinya.

Sumber Gambar : Pinterest

Selain itu, pekerjaan Plumbing juga menangani perpipaan pada pemadam kebakaran atau fire hydrant. Untuk pekerjaan gedung-gedung besar seperti hotel, mall, apartemen, Toer office dan lain sebagainya, urusan perpipaan fire hydrant bekerja sama dengan pekerjaan Electrical. Seperti pemasangan alarm kebakaran, mine line sprinkle dan modul interface.

Itulah serba-serbi pekerjaan di bidang mechanical, electrical dan plumbing. Ketiga pekerjaan tersebut saling berkaitan. Tidak ada yang lebih penting atau lebih utama. Oleh sebab itu, biasanya dikerjakan oleh kontraktor yang berpengalaman.

Semua pekerjaan harus dikerjakan secara urut, tepat waktu dan berkesinambungan. Sehingga menghasilkan instalasi listrik dan perpipaan gedung yang baik dan fungsional.

Bagaimana? Anda sudah memahami? Ternyata di balik megahnya sebuah gedung terdapat pekerjaan rumit yang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya.

× How can I help you?