Kenali Istilah Backsplash yang Membuat Dapur Anda Terlihat Mewah

Kenali Istilah Backsplash yang Membuat Dapur Anda Terlihat Mewah.

Impian semua orang adalah memiliki rumah yang tampak rapi dan bersih. Untuk bisa mewujudkan hal itu, Anda harus tahu beberapa teknologi terbaru yang bisa Anda gunakan untuk mendukung keinginan Anda. Salah satu teknologi yang bisa Anda gunakan adalah backsplash. Apa itu backsplash? Secara umum, backsplash adalah sebuah dinding yang diletakkan di dapur. Umumnya, backsplash diletakkan di belakang wastafel atau kompor. Backsplash ini bisa dikategorikan sebagai salah satu bagian dari countertop dapur.

Sumber : Archify

 

Apa fungsi dari backsplash sendiri? Fungsi penyekat belakang ini adalah untuk melindungi dinding dari debu yang biasanya muncul dalam bentuk cairan. Saat memasak, backsplash dapat melindungi dinding dari cipratan minyak ketika sedang menggoreng, kuah, atau bumbu yang kita tuang saat memasak serta yang lainnya. Saat mencuci piring, fungsi ini mencegah dinding menjadi basah.

Selain fungsi praktis tersebut, backsplash juga memberikan nilai estetika. Penggunaan backsplash dapat membuat dapur terlihat cantik sekaligus menarik. Meski memilih bahan yang tepat, backsplash bisa menjadi fokus baru dapur Anda. Untuk alasan ini, backsplash perlu dipertimbangkan dengan cermat saat merencanakan dapur. Anda bisa memilih bahan yang Anda suka melalui opsi berikut untuk membuat Anda lebih bahagia di dapur.

 

1. Logam

Pilihan bahan yang pertama adalah logam. Logam sendiri ada banyak jenis. Anda dapat memilih berbagai pilihan, dari stainless steel, plat aluminium, tembaga hingga kuningan, asalkan logam tersebut memiliki sifat anti karat dan tahan air. Keunggulan dari logam ini adalah tampilannya yang bisa membuat dapur tampak semakin mewah.

Sumber : Pinterest

 

2. Kaca

Pilihan bahan yang kedua adalah kaca. Pasti Anda sudah pernah melihat dapur yang bagian backsplashnya menggunakan kaca, bukan? Bahan ini biasanya dipilih oleh Anda yang menyukai model dapur minimalis modern. Material kaca bisa membuat dapur Anda semakin menarik. Anda bisa memilih kaca buram, kaca berwarna, kaca bening, atau bahkan kaca cermin. Namun untuk alasan keamanan, pastikan menggunakan jenis kaca temper agar tidak rapuh dan tidak mudah pecah.

Sumber : Living Loving

 

3. Keramik

Inilah bahan yang paling umum digunakan di Indonesia. Hal ini dikarenakan keramik memiliki banyak pilihan warna dan tekstur. Tidak hanya itu, harganya terjangkau. Anda hanya perlu memilih jenis keramik yang sesuai dengan keseluruhan gaya dapur yang ada. Misalnya, pola segi delapan seperti bentuk sarang lebah atau pola kereta bawah tanah antik saat ini sedang populer.

Sumber : Dekoruma

 

4. Kayu

Pilihan terakhir adalah menggunakan material kayu. Kesan yang dimunculkan akan seperti terasa hangat dan alami. Pastikan untuk menggunakan kayu tahan air berkualitas tinggi, seperti jati, merbau, atau kayu besi. Agar warna dan tekstur serat lebih menonjol, Anda bisa melapisinya dengan produk pelapis transparan.

Sumber : Arsitag

 

Jadi, pilihan material manakah yang akan menjadi backsplash dapur Anda? Ubah dapur menjadi lebih rapi dan aesthetic dengan backsplash.

× How can I help you?