Kaca Merupakan Bagian Penting Loh untuk Rumah, Yuk Kenali Beberapa Fungsi Kaca untuk Rumah

Penggunaan kaca pada hunian bukan lagi hal yang langka. Pasalnya, kaca merupakan komponen penting yang harus ada pada bangunan. Mulai dari hunian, perkantoran, atau bangunan publik lainnya. Apalagi untuk bangunan di negara tropis seperti Indonesia. Fungsi Kaca untuk rumah adalah mempermudah sinar matahari masuk ke dalamnya.

Ragam Fungsi Kaca untuk Rumah 

Tapi apakah benar, fungsi kaca hanya sebatas sebagai media agar sinar matahari bisa menembus hingga bagian dalam rumah? Ternyata tidak. Berikut beberapa fungsi kaca untuk rumah lainnya.

Memberi Pencahayaan Alami pada Ruangan

Teknologi semakin canggih. Pencahayaan bisa saja menggunakan lampu LED dengan teknologi paling canggih. Tapi secanggih apapun teknologi lampu pijar, fungsinya tetap tidak akan bisa mengalahkan cahaya alami dari sinar matahari.

Inilah fungsi pertama dan utama dari kaca. Yaitu memberi penerangan alami pada rumah. Limpahan sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah melalui jendela kaca. Semakin besar kaca yang dipasang, maka semakin banyak pula sinar matahari yang bisa masuk dalam ruangan.

sumber gambar : the spruce

Menghindari Kelembaban

Ruangan yang lembab tidak hanya akan mengurangi kenyamanannya. Tapi juga akan menimbulkan penyakit. Karena ruangan yang lembab rawan timbul jamur, bakteri, ataupun virus.

Dengan sinar matahari yang masuk melalui kaca jendela, kelembaban ruangan bisa dikurangi. Membuat jamur, virus dan berbagai bakteri lainnya tidak bisa tumbuh subur memenuhi ruangan. Menjadikan ruangan lebih bersih dan sehat.

sumber gambar : pinterest

Membuat Ruangan Lebih Nyaman

Ruangan yang hangat dan bebas dari jamur akibat kelembaban adalah dambaan setiap orang. Karena di hunian seperti ini kehidupan bisa berlangsung dengan aman dan nyaman tanpa harus mengganggu privasi penghuninya.

Anda bisa memasang kaca dua sisi. Dimana penghuni bisa melihat ke luar, sedangkan orang luar tidak bisa melihat ke dalam ruangan. Kaca seperti ini biasa digunakan pada hunian rumah tropis seperti di Indonesia.

sumber gambar : grid.id

Ruangan Lebih Lapang

Bagi Anda yang menginginkan ruangan lebih luas tanpa harus menambah ruangan lagi, bisa mencoba menggunakan kaca pantul atau cermin di dalamnya. Cermin besar akan memberi kesan ruangan lebih luas. Karena ada kesan penambahan luas pada salah satu sisinya.

Selain itu, cermin juga bisa digunakan sebagai alternatif penyekat non permanen pada ruangan dengan konsep open space. Yang memungkinkan untuk diubah posisi atau digeser sesuai dengan kebutuhan.

Membawa Aura Positif

Banyak pemerhati feng shui yang mengatakan bahwa rumah dengan banyak kaca bisa menambah aura positif. Terlepas apakah itu hanya mitos atau fakta, nyatanya rumah dengan limpahan banyak sinar matahari bisa membuat penghuninya lebih sehat. Sehingga membuat pikiran menjadi lebih positif.

Ternyata itulah fungsi kaca untuk rumah yang tidak banyak orang tahu. Dari beberapa penjelasan di atas, bisa dipastikan fungsi kaca memang benar-benar penting. Memastikan bahwa hunian lebih aman, nyaman, dan sehat.

× How can I help you?