Ingin Ganti Lantai Biasa dengan Lantai Vinyl? Yuk Ketahui Serba-Serbinya | Beddo Design Concept

Ingin Ganti Lantai Biasa dengan Lantai Vinyl? Yuk Ketahui Serba-Serbinya

Ingin Ganti Lantai Biasa dengan Lantai Vinyl? Yuk Ketahui Serba-Serbinya

Lantai kayu vinyl merupakan bahan pelapis lantai yang sintetis. Lantai vinyl ini dapat dirancang sedemikian rupa untuk mengikuti beragam motif yang diinginkan oleh penggunanya. Desainnya sengaja dirancang dengan bermacam-macam motif sehingga dapat dipasangkan pada berbagai tema rumah.

 

Sumber Gambar : Amazona

Lantai vinyl pun dapat disesuaikan agar mempunyai motif yang tampak seperti bahan lantai lain dengan tekstur yang timbul. Contohnya kayu, keramik, ubin, marmer dan berbagai jenis lainnya. Beberapa jenis lantai kayu vinyl yang wajib Anda ketahui adalah :

 

1. Vinyl Plank, Jenis Vinyl Paling Cocok untuk Rumah Bergaya Minimalis

Vinyl plank ini dikenal juga dengan sebutan vinyl kayu. Vinyl plank ini sendiri memiliki bentuk persegi panjang, dengan ukuran berkisar antara 90-100 mm dan lebar 10-20 cm. Lantai kayu vinyl ini sangat cocok digunakan untuk rumah atau ruangan yang memiliki tema minimalis atau modern.

Sumber Gambar : Pinterest

Selain karena memberi kesan hangat dari replika kayunya yang tampak begitu persis, vinyl plank pun begitu diminati karena harganya yang relatif murah. Tetapi kualitasnya sangat baik apabila dapat diaplikasikan dengan benar.

Vinyl plank kebanyakan dibuat menggunakan campuran antara material dari potongan-potongan kayu jati, kayu ulin, merbabu, dan banyak lagi yang membuat seratnya tampak hangat dan alami.

 

2. Vinyl Roll, Praktis dan Cocok untuk Anda yang Tidak Mau Ribet Memasang Pelapis Lantai

Pilihan vinyl favorit satu ini sangat sederhana dan praktis untuk diaplikasikan pada lantai. Khususnya pada beberapa sudut ruangan rumah yang pemasangannya merepotkan. Tetapi, vinyl roll mempermudah semua itu dengan keunggulannya di bagian pemasangan.

Sumber Gambar : Isi Bangunan

Bentuk dari pelapis lantai satu ini adalah replikasi karpet dengan tekstur terlihat seperti dari katun dan nilon. Meski pada kenyataannya vinyll rol ini hanya memakai bahan berupa PVC yang memang umum digunakan oleh pelapis lantai satu ini.

Keunggulan lain dari vinyl roll adalah mempercantik ruangan dengan aneka motif dan coraknya yang menarik. Sehingga ruangan Anda akan tampak semakin indah dan menakjubkan.

 

3. Vinyl Tile, Salah Satu Lantai Kayu Vinyl Berbentuk Ubin

Jenis vinyl berikutnya adalah vinyl yang populer karena memiliki bentuk berupa ubin yang memiliki tekstur seperti keramik. Namun, tidak seperti bahan keramik yang gampang tergores, keras, licin, dan dingin saat dipijak, ubin vinyl ini lebih enak digunakan.

Sumber Gambar : This Is Old House.

Contohnya, vinyl tile tidak terlalu licin, tetapi tetap mudah dibersihkan. Ubin vinyl ini pun tidak mudah tergores atau retak seperti keramik kebanyakan. Penggunaannya akan sangat bagus untuk Anda yang memiliki anak yang baru belajar berjalan di rumah karena keamanannya yang  lebih baik.

 

Itulah dia serba-serbi jenis lantai kayu vinyl yang wajib Anda ketahui sebelum membeli dekor lantai untuk rumah berikut kegunaan dan sifatnya.

× How can I help you?