Gunakan Konsep Vertical Garden, Solusi Taman di Lahan Terbatas | Beddo Design Concept

Gunakan Konsep Vertical Garden, Solusi Taman di Lahan Terbatas

Ingin punya kebun di lahan rumah yang sempit? Tenang saja. Karena dengan konsep Vertical Garden, Anda bisa mendapatkan kebun impian yang indah. Tanpa harus mengorbankan banyak lahan dan ruang.

Mengenal Konsep Vertical Garden.

Lalu apa itu konsep Vertical Garden? Seperti namanya, yang dinamakan dengan vertikal garden adalah taman yang dibuat dengan menggunakan bidang atau lahan yang tegak lurus dengan tanah. Sehingga banyak yang menyebutnya sebagai taman dinding.

sumber gambar : baca

Tujuannya selain untuk memperindah hunian, taman dinding juga bisa digunakan untuk menyiasati lahan yang sempit. Membuat ruang hijau untuk menyuplai oksigen lebih banyak lagi. Menghalau sinar matahari yang sinarnya terlalu menyengat.

Salah satu kelebihan taman dinding ini adalah mudah diletakkan di mana saja. Baik di luar maupun di dalam ruangan. Tanaman yang diperlukan juga tidak sulit di dapat. Bahkan pot atau medianya juga bisa menggunakan bahan-bahan bekas. Seperti botol bekas air minum, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Konsep Vertical Garden

Anda tertarik untuk memilikinya? Berikut cara sederhana untuk membuat taman dinding yang indah dan mudah.

Mencari Dinding

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari dinding yang kuat dan kokoh. Fungsinya adalah agar mampu menopang media tanam dengan baik. Jangan lupa melapisi dinding dengan menggunakan plastik.

sumber gambar : arsitag

Fungsi plastik ini adalah agar akar tanaman tidak masuk pada dinding dan merusak lapisannya. Pastikan plastik juga berkualitas baik. Agar tidak mudah hancur atau meleleh jika terlalu sering terkena sinar matahari dan hujan.

 

Memasang Rangka

Tidak semua bahan bisa digunakan sebagai rangka. Karena rangka harus dipilih dari bahan yang kuat. Seperti pipa PVC. Jangan menggunakan rangka yang terbuat dari kayu. Karena selain mudah lapuk, kayu juga tidak terlalu kuat jika disatukan dengan menggunakan baut.

sumber gambar : arsitag

Selain itu, kayu juga berharga mahal. Perlu perawatan yang lebih sering. Sehingga bahan ini tidak disarankan sebagai kerangka untuk taman dinding.

Mencari Tanaman

Langkah selanjutnya adalah mencari tanaman yang mudah untuk dipelihara. Tidak semua tanaman bisa digunakan untuk membuat dinding garden ini. Hanya beberapa tanaman yang ringan dan tidak membutuhkan akar yang kuat. Seperti bromelia, paku tanduk rusa, kadaka, tanaman perdu, suplir, dan rumput-rumputan. Akan lebih baik lagi kalau memilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Karena Anda bisa menyimpannya di dalam ruangan untuk mempermudah perawatan.

sumber gambar : lishout
Perhatikan Jarak Tanaman Antar Pot

Jangan lupa memperhatikan jarak antara satu pot dengan pot lainnya. Selain agar terlihat lebih rapi dan tertata, mengatur jarak antar pot juga akan memberi nafas tumbuhan untuk berkembang.

sumber gambar : casatheputra

Itulah konsep vertical garden dan bagaimana cara membuatnya. Anda bisa terapkan pada dinding rumah maupun dinding pagar. Pastikan rajin merawat agar terlihat lebih indah dan sedap dipandang.

× How can I help you?