5 Inspirasi Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga Konfigurasi Tanpa Sekat

Bagi yang ingin memiliki interior ruangan yang bagus maka ada 5 inspirasi ruang tamu dan ruang keluarga konfigurasi tanpa sekat. Kedua ruangan ini memiliki fungsi yang berbeda. Untuk ruang tamu berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu yang berasal dari kerabat jauh, teman dan lain-lain. Sementara ruang keluarga memiliki fungsi sebagai tempat untuk melakukan kegiatan menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman terdekat.

Karena kedua ruangan ini hadir dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda maka kedua jenis ruangan ini akan berbatasan dengan sekat. Akan tetapi, kini terdapat konsep interior yang bernama open space.

sumber gambar : pinterest

Adanya konsep interior ini mengakibatkan ruang tamu serta ruang keluarga menyatu agar ukuran ruangan jauh lebih luas untuk beraktivitas. Konsep one space sendiri bisa Anda dapatkan pada rumah yang memiliki desain mewah dan sederhana.
Dengan bantuan konsep one space mengakibatkan ruang tamu dan ruang keluarga bisa menyatu tanpa adanya sekat khusus. Untuk mengetahui secara menyeluruh, simaklah inspirasi desain ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat seperti berikut :

5 Desain Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat

Interiornya yang bagus bisa orang-orang dapatkan jika menerapkan 5 inspirasi ruang tamu dan ruang keluarga konfigurasi tanpa sekat. Meskipun ruang tamu dan ruang keluarga memiliki fungsi yang berbeda-beda, akan tetapi kedua ruangan ini bisa pemilik rumah gabungkan.
Alasannya agar ruangan terlihat jauh lebih luas untuk beraktivitas. Berikut adalah desain ruang keluarga dan ruang tamu tanpa sekat, antara lain :

Menggunakan Cat Dinding sebagai Pemisah

Untuk memisahkan kedua ruangan secara maksimal bisa menggunakan bantuan dari cat dinding. Dalam hal ini cat dinding memiliki peran penting sebagai pemisah. Untuk memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga bisa menggunakan dinding dengan dua warna cat yang berbeda.
Misalnya untuk ruang tamu menggunakan warna cat yang gelap, sementara untuk ruang keluarga menggunakan warna cat yang terang.
Kendati demikian akan lebih baik jika dua warna cat untuk memisahkan ruangan memiliki warna yang kontras. Hal ini bertujuan untuk menciptakan area pemisah dengan penampilan yang jelas.
Tidak hanya itu, pemilik rumah juga memiliki kemampuan untuk menggunakan warna-warna dasar pada setiap ruangan. Selain dinding, pembeda pada warna ini juga berlaku untuk semua furnitur untuk kedua ruang.
Dengan menggunakan ide ini mengakibatkan ruang tamu dan ruang keluarga terlihat berbeda tanpa bantuan sekat. Ini termasuk ke dalam bagian salah satu dari 5 inspirasi ruang tamu dan ruang keluarga konfigurasi tanpa sekat.

Menggunakan Panel Kayu Kisi-kisi

Tidak semua ruangan yang orang-orang pakai untuk membangun ruang tamu dan ruang keluarga memiliki ukuran yang luas. Bagi rumah minimalis, terkadang ada beberapa ruangan yang tidak bisa pemilik rumahnya ubah menjadi satu ruangan. Untuk mengatasi masalah ini bisa menggunakan panel kayu kisi-kisi sebagai solusi. Hal ini termasuk ke dalam salah satu jenis dari 5 inspirasi ruang tamu dan ruang keluarga konfigurasi tanpa sekat.
Kini pengguna kayu kisi-kisi bisa terpasang pada lantai yang ada pada ruangan hingga menuju langit-langit ruangan. Dengan bantuan dari kayu kisi-kisi mengakibatkan pemisah terlihat begitu jelas. Sementara itu, kayu kisi-kisi ini juga tetap menjaga supaya suasana yang ada dalam ruangan terang dan terlihat luas. Agar mendapatkan kesan yang jauh lebih luas maka pakailah kayu yang memiliki kisi-kisi dengan jarak yang lebar.
Jangan lupa untuk menghindari pemasangan kayu hingga ke seluruh bagaimana area ruangan. Jika pemasangan kayu berjalan secara menyeluruh, bisa menyebabkan pembeda antara ruang tamu dan ruang keluarga tidak terlihat.

Memilih Rak Sekaligus Media Dekorasi

Salah satu bagian dari 5 inspirasi ruang tamu dan ruang keluarga konfigurasi tanpa sekat adalah memilih rak sekaligus dekorasi. Memasang rak dan dekorasi menjadi sesuatu yang cerdas untuk memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga. Dalam hal ini isilah rak buku dengan koleksi buku berjumlah banyak. Namun untuk mempercantik ruangan, gantilah isi rak buku tersebut dengan menggunakan beberapa dekorasi seperti bunga sintetis.
Adanya rak buku ini tidak akan membuat ruang tamu dan ruang keluarga membutuhkan sekat yang permanen. Namun ada beberapa kasus yang mengakibatkan ruangan terlihat sempit dengan ide ini. Jika ruangan terlihat sempit dengan ide ini maka pilihlah rak dengan desain terbuka yang hadir dengan ukuran ramping.

Menata Furnitur Sesuai Fungsinya dan Ukuran

Agar ruang tamu dan ruang keluarga bisa berpisah tanpa adanya sekat, bisa dengan menata furnitur sesuai fungsi dan ukurannya. Cara ini termasuk ke dalam 5 inspirasi ruang tamu dan ruang keluarga konfigurasi tanpa sekat. Misalnya saja, pilihlah sofa dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Semua orang tahu bahwa sofa ialah perabotan dalam rumah yang wajib ada dalam ruang tamu.
Dalam hal ini sofa ruang tamu cenderung memiliki karakter yang berukuran besar. Sementara untuk sofa ruang keluarga mempunyai tekstur yang empuk. Kedua perbedaan ini bisa menjadi pembeda antara ruang tamu dan ruang keluarga.

Desain Kaca Sekaligus Ruang Kedap Suara

Ada 5 inspirasi ruang tamu dan ruang keluarga konfigurasi tanpa sekat yang bisa Anda terapkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan desain kaca yang kedap suara. Meskipun menggunakan desain kaca, tapi desain ini lebih baik jika menggunakan sekat yang mengganggu pemandangan.
Menyatukan ruang tamu dan ruang keluarga adalah hal biasa yang bisa orang-orang dapatkan pada rumah mewah dan sederhana. Itulah tadi 5 inspirasi ruang tamu dan ruang keluarga konfigurasi tanpa sekat.