Cari Tahu Plus Minusnya? Sebelum Anda Menggunakan Dinding Gypsum | Beddo Design Concept

Cari Tahu Plus Minusnya? Sebelum Anda Menggunakan Dinding Gypsum

Cari Tahu Plus Minusnya? Sebelum Anda Menggunakan Dinding Gypsum.

Salah satu material yang yang biasa digunakan untuk membangun rumah adalah gypsum. Gypsum ini biasa digunakan untuk membuat plafon rumah, namun untuk desain rumah tertentu, gypsum bisa dijadikan sebagai dinding rumah atau menjadi sekat antar ruangan. Apabila anda berniat menggunakan gypsum sebagai dinding atau sekat ruangan di rumah anda, maka perlu diketahui plus dan minus menggunakan dinding gypsum.

Kelebihan Dinding Gypsum.

 

1. Memiliki Kesan Estetik

Apabila anda memiliki selera rumah modern minimalis, menggunakan dinding gypsum merupakan salah satu pilihan untuk mendapatkan kesan estetik. Penggunaan dinding gypsum ini memiliki nilai estetik yang bagus untuk desain hunian atau rumah minimalis

 

2. Meredam Suhu Panas

Salah satu kelebihan menggunakan dinding gypsum ini adalah bisa meredam suhu panas dari luar ruangan. Ketika suhu dari luar sedang tinggi atau panas, dinding gypsum ini bisa meredam panas sehingga suhu di dalam ruangan rumah akan tetap stabil.

 

3. Pemasangan Yang Praktis

Pemasangan dinding gypsum ini bisa dibilang cukup mudah dan praktis. Sehingga selama pemasangan dinding gypsum tidak memerlukan waktu yang lama, dan pekerjaan pembangunan rumah menjadi lebih efektif dan efisien.

 

4. Ramah Lingkungan

Penggunaan dinding gypsum untuk dinding rumah atau hunian, termasuk ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan dinding bata atau beton. Dalam pemasangannya, gypsum hanya memerlukan sedikit air dan tidak memerlukan bahan-bahan lain seperti pemasangan dinding bata atau dinding beton.

 

5. Mudah Dalam Perawatannya

Perawatan dinding gypsum ini relative lebih mudah dari pada penggunaan dinding bata. Pada dinding bata biasa ditemukan retak seperti helaian rambut yang memanjang di dinding. Apabila menggunakan dinding gypsum ini tidak akan ditemukan hal seperti demikian, dan apabila terjadi kerusakan solusi nya adalah mengganti bagian papan yang rusak saja tanpa harus membongkar semua dinding.

 

Kelemahan dari Dinding Gypsum.

 

1. Pemasangan Perlu Ketelitian Lebih

Dalam pemasangan dinding gypsum ini memerlukan ketelitian yang lebih, karena apabila kurang tepat dalam pemasangannya, maka akan membuat bentuk hunian menjadi berantakan dan tidak aman.

 

2. Rentan Air

Kelemahan dalam penggunaan dinding gypsum ini adalah rentan terhadap air. Berbeda dengan penggunaan dinding bata yang kuat dan tahan air, penggunaan dinding gypsum ini rentan terhadap air dan akan berisiko rembes.

 

3. Lemah Terhadap Benturan

Terlihat dari penampakannya dan mengingat terbuat dari bahan apa, tentu saja kita sendiri bisa memperkirakan apabila dinding gypsum ini terkena benturan yang cukup keras. Tentu saja tidak akan bisa bertahan.

 

4. Tidak Kedap Suara

Karena terbuat dari bahan yang tidak padat, tentu saja dinding berbahan gypsum ini tidak kedap suara.

 

5. Pemasangan Hanya Sebatas Ruang Tertentu

Kelemahan pemakaian dinding gypsum yang terakhir adalah terbatasnya tempat pemasangannya. Untuk menggunakan dinding gypsum ini hanya bisa digunakan di ruangan-ruangan yang tidak lembab seperti ruang tamu, kamar, dan ruangan lainnya yang tidak lembab. Kamar mandi tidak bisa menggunakan dinding gypsum karena ruangannya yang pasti lembab.

Bagaimana, sudah jelas kan tentang plus minus dinding gypsum ini ?

× How can I help you?