Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Cara Membuat Denah Rumah Minimalis Yang Mudah

Bagi anda yang tidak memiliki keuangan lebih untuk menggunakan jasa arsitektur ataupun desain interior dalam pembuatan rumah impian. Anda perlu memiliki kemampuan untuk dapat menuangkan ide dan gagasan melaui gambar denah rumah minimalis sangat berguna dan bermanfaat untuk anda.

Denah rumah minimalis dapat dirangkai setelah rangkaian tahapan desain, mulai dari analisis lahan, konsep desain dan pengembangan desain. Setelah anda membuat tahapan tersebut terselesaikan dengan sangat baik. Setelah itu suatu denah rumah minimalis bisa digambarkan dan bermanfaat untuk tahapan pembangunan.

Menggambar denah rumah minimalis tidak berbeda dengan denah bangunan lainnya. Setiap ruangan harus tergambar dengan sangat jelas dan detail. Mulai dari perbandingan ukuran sebenarnya, ketinggian lantai, keterangan ukuran, letak bukaan pintu dan jendela, perletakkan struktur, furniture, bahan-bahan bagunan, taman dan vegetasi.

Anda tidak perlu khawatir soal pembuatan denah rumah minimalis, kali ini kami akan mengulas langkah-langkah bagaimana cara membuat denah rumah minimalis impian anda. Berikut ini cara membuat sketsanya :

  1. Mencari refrensi dan mengumpulkan inspirasi

gambar : www.beddodesignconcept.co.id

Banyak cara yang anda dapat lakukan dalam mencari refrensi dan mengumpukan inspirasi dalam pembuatan denah rumah minimalis, anda bisa mendapatkan ide disaat jalan-jalan, mendatangi pameran, membaca majalah, mengunjungi pameran perumahan dan mencari di internet. Temukan tipe denah rumah yang sesuai dengan harapan anda.

  1. Membuat sketsa gambar di kertas

gambar : www.behance.com

Setelah anda mencari refrensi diberbagai tempat, mulailah untuk membuat sketsa gambar di kertas, anda wajib mengetahui kebutuhan ruangan apa saja yang ada. Mulailah membuat gambar aktivitas dan kegiatan yang ingin anda lakukan bersama keluarga seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, taman, garasi, gudang dan ruangan-ruangan lain yang diperlukan.

  1. Pelajari dan riset kebutuhan setiap ruangan

gambar : www.beddodesignconcept.co.id

Saat ini anda sudah memliki sketsa denah rumah minimalis, setelah itu pelajari dan riset setiap kebutuhan diruangan. Mulai dari standar ukuran dari setiap ruangan, hingga kebutuhan dasar apa saja yang dibutuhkan misalkan kamar tidur, kebutuhan dasar yang harus dipenuhi adalah seperti tempat tidur, lemari pakaian, cermin, tempat kosmetik dan lainnya.

Contoh lainnya adalah ruangan tamu, anda dapat memenuhi kebutuhan seperti sofa, meja, ac, dan lainnya. Mempelajari kebutuhan setiap ruangan sangatlah penting untuk memastikan berapa biaya yang dibutuhkan dan agar ruangan tidak terlihat sempit.

  1. Buat korelasi ruangan dan zonasi penempatan

gambar : www.behance.com

Cara membuat denah rumah minimalis selajutnya adalah menghubungkan kebutuhan ruangan yang satu dengan lainnya, sebagai contoh kamar tidur berkorelasi dengan kamar mandi harus berdekatan, Selain itu, dapur berhubungan dengan ruang makan sedangkan ruang tamu harus berada jauh dari dapur.

Selain itu, bagaimana cara membuat denah rumah minimalis lainnya adalah memberikan zonasi pada diagram hubungan antar ruang tersebut, anda dapat menetukan bagian mana yang merupakan area privasi antara keluarga anda dengan tamu, atau daerah mana yang sebagai area publik, privasi dan servis. Pastikan setiap zona tidak saling overlap dan mengganggu kenyamanan satu sama lainnya.

  1. Evaluasi setiap ruangan

gambar : www.beddodesignconcept.co.id

Setalah anda membuat konsep sketsa denah rumah minimalis alangkah baiknya anda mengevaluasi setiap ruangan yang anda buat dengan membadingkan dengan denah lainnya atau mengimajinasikan dalam bentuk rungan nyata dan cocokan juga setiap ukuran, standar ruangan.

Setelah anda memiliki denah rumah minimalis dasar yang kamu buat sendiri, tentunya agar lebih mudah mengimajinasikan seperti apa suasana dan komposisi ruangan-ruangan yang nantinya akan anda huni beserta keluarga. Manfaat lainnya adalah untuk mempermudah arsitek atau desainer menvisualisasikan seperti apa ide dan keinginan anda.

    Leave Your Comment Here