Bangun Rumah Tinggal 2 Lantai Di Iklim Tropis? Ini Tipsnya

Bangun Rumah Tinggal 2 Lantai Di Iklim Tropis? Ini Tipsnya

Desain arsitek rumah 2 lantai sangat bisa dibangun pada iklim tropis, karena iklim seperti ini bisa membangun dengan berbagai jenis tipe hunian. Ada beberapa tips agar membangun rumah di iklim tropis bisa tetap membuat hunian Anda nyaman, begitupun dengan membangun rumah tinggal dengan 2 lantai. Beberapa tips dan trik tersebut, antara lain sebagai berikut.

Sumber : Shaleeh Kadzim.

 

1. Desain Plafon Yang Tinggi

Pada desain arsitek rumah 2 lantai iklim tropis, diperlukan banyak udara atau angin yang masuk agar bagian dalam hunian terasa sejuk. Salah satu caranya, adalah dengan membuat desain plafon yang tinggi. Walaupun hunian Anda terdiri dari 2 lantai, penerapan plafon tinggi tetap harus dilakukan.

Sumber : Rumah123

 

2. Pemilihan Material yang Sesuai

Setelah membuat desain plafon, Anda juga harus memperhatikan material yang akan Anda pakai pada hunian Anda. Karena, material yang sesuai pasti akan membuat rumah menjadi nyaman dan tidak terasa panas.

Sumber : Damailand

Terutama untuk jenis material yang bisa menyerap panas khususnya pada siang hari, ataupun material yang meredam panas. Misalnya untuk material atap, terdapat jenis atap yang dapat melakukan tugas tersebut.

 

3. Memperhatikan Sirkulasi yang Benar

Secara urutan setelah memilih material yang tepat dan membuat plafon tinggi, desain rumah 2 lantai ini bisa dibuat nyam dan sejuk dengan memperhatikan sirkulasi dan bukaan yang tepat dan benar.

Sumber : CasaIndonesia

 

4. Meminimalisasi Penggunaan Elektronik Siang Hari

Membangun hunian dengan desain arsitek rumah 2 lantai pada musim tropis, perlu disiasati agar bisa membuat rumah Anda sejuk. Cara yang efektif juga dengan mengurangi atau meminimalisasi penggunaan barang-barang elektronik, karena alat elektronik yang pada umumnya memiliki mesin membuat hawa sekitar menjadi panas ketika dihidupkan.

Sumber : Bramble.

 

5. Pembuatan Unsur Air Buatan

Selain unsur desain dari hunian atau bangunan itu sendiri, Anda juga harus memasukkan unsur lain. Contohnya, unsur air yang bisa memberi kesejukan dan rasa tenang. Untuk desain arsitek rumah 2 lantai, gemericik air yang dapat menghilangkan stress sangat berguna sekali pada musim tropis. Pembuatan unsur air bisa diterapkan pada pembuatan kolam buatan, misalnya saja kolam ikan buatan.

Sumber : Bramble.

 

6. Melihat Kondisi Eksisting Dan Zona Bangunan

Begitu semua unsure yang terdapat pada bangunan sudah dilakukan dengan tujuan menyiasati iklim tropis pada hunian, maka langkah terakhir adalah dengan melihat kondisi eksisting dan zona bangunan rumah Anda. Bukan hanya karena petunjuk fengshui, tapi pada saat pertama kali membeli atau membangun rumah sangat perlu diperhatikan arah rumah Anda menghadap. Karena, hal tersebut juga sangat berpengaruh pada kesejukan yang akan Anda ciptakan di rumah Anda. Jika bangunan hunian Anda menghadap ke arah yang salah, maka suasana sejuk tersebut tidak akan tercapai. Misalnya saja, hunian Anda menghadap ke arah matahari terbit pastinya akan membuat rumah Anda semakin panas.

Sumber : CasaIndonesia.

× How can I help you?