Bagaimana Cara Memilih Keramik untuk Bangun atau Renovasi Rumah Anda?

Bagaimana Cara Memilih Keramik untuk Bangun atau Renovasi Rumah Anda?

Jika Anda sedang membangun rumah atau sedang dalam tahap renovasi rumah, menentukan keramik yang tepat untuk setiap ruangan rumah Anda mungkin akan membuat Anda merasa kebingungan. Terlebih jika Anda minim informasi terkait pemilihan keramik untuk bangun atau renovasi rumah. Padahal lantai mempunyai peran yang sangat penting untuk membuat rumah terlihat keren.

Sumber Gambar : Ruang Arsitek.

Sayangnya untuk memilih keramik bukanlah hal yang mudah dilakukan, karena Anda bisa saja mendapatkan banyak sekali bentuk yang sangat menarik. Untuk itu berikut ini adalah beberapa tips agar Anda tidak salah memilih keramik untuk bangun atau renovasi rumah Anda.

 

Pilih yang Sesuai dengan Gaya Rumah.

Memilih keramik yang sesuai dengan gaya rumah akan mempertajam konsep rumah yang sedang Anda buat atau renovasi. Hal ini membuatnya sangat penting, karena apabila Anda memilih keramik yang tidak sesuai dengan konsep rumah Anda, bisa saja akan memberikan kesan “tabrakan”.

Sumber Gambar : Arsitag

Sebagai contoh, model rumah sederhana yang modern tanpa banyak perabotan, tentu akan tidak cocok menggunakan keramik yang semestinya dipakai pada hunian gaya Victoria yang memiliki kesan berat, bukan?

 

Ukuran Ruangan.

Anda dapat memilih keramik yang sesuai dengan ukuran ruangan. Beda ukuran ruangan, akan berpengaruh pada pemilihan keramiknya. Untuk ukuran ruangan yang sedang, Anda dapat menggunakan keramik ukuran 60×60 agar dapat memberi aksen yang lebih luas. Sedangkan untuk ruangan yang luas, Anda bisa memilih keramik dengan ukuran 80 x 80 atau 60 x 120.

Sumber Gambar : Narasi Design

 

Warna.

Selain mempengaruhi keindahan, pemilihan keramik yang tepat juga dapat memberikan kesan luas pada ruangan sempit. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan warna keramik yang cerah sebagai pilihan untuk ruang yang tidak terlalu luas.

Sedangkan untuk ruangan yang sering dilewati, Anda dapat menggunakan keramik dengan warna perpaduan agar dapat menyamarkan lantai yang mudah kotor.

 

Tekstur Keramik.

Anda dapat memilih tekstur keramik yang mengkilap agar memudahkan Anda membersihkannya. Namun Anda juga dapat memilih keramik yang tidak mengkilap karena tidak mudah kotor.

Sumber Gambar : Dekoruma

 

Kualitas Keramik.

Anda harus benar-benar memastikan keramik yang berkualitas sesuai standar penggunaannya. Setidaknya pilihlah keramik yang tahan air, noda, dan tidak licin. Terkhusus pada keramik di ruang kamar mandi, karena hal ini erat kaitannya dengan keselamatan Anda dan keluarga.

Sumber Gambar : Ruang Arsitek

 

Sesuaikan dengan Anggaran.

Ini yang juga sangat penting. Jangan sampai Anda terlalu memaksakan diri hanya karena ingin terlihat mewah. Memilih keramik yang bagus itu memang penting, namun keramik yang bagus juga tidak harus yang mahal, sesuaikan saja dengan anggaran Anda.

Sumber Gambar : Arsitag

Cara di atas dapat digunakan sebagai pertimbangan bagaimana cara memilih keramik untuk bangun atau renovasi rumah. Dengan memperhatikan faktor di atas, semoga tidak akan ada lagi kesulitan untuk Anda memilih keramik.

× How can I help you?